Monday, June 25, 2018

RPP GEOGRAFI SMA KELAS X TOPIK DINAMIKA LITOSFER

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan                  : SMA
Kelas/Semester                        : X/I
Program                                   : IPS
Mata Pelajaran                        : Geografi
Topik                                       : Dinamika Litosfer
Pertemuan ke                          :

  1. Kompetensi Inti

1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku (jujur,disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret, dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

  1. Kompetensi Dasar

1.3  Mensyukuri keberadaan diri sebagai warga negara Indonesia dengan pola pikir dan tindakan dengan menunjukkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.
2.3     Mengembangkan perilaku responsif terhadap masalah yang ditimbulkan oleh dinamika litosfer, atmosfer dan hidrosfer
3.3    Memahami dinamika litosfer planet bumi sebagai ruang kehidupan
4.3  Mengasah informasi mengenai dinamika litosfer planet bumi sebagai ruang kehidupan dan menyajikannya dalam bentuk tulisan.

  1. Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Menyadari kebesaran Tuhan tentang manfaat dinamika litosfer dalam kehidupan sehari-hari
·         Bekerjasama, peduli terhadap lingkungan sekitar, terlibat aktif dalam menjaga lingkungan disekitarnya.
·         Mampu menampulkan data tentang dinamika litosfer.
·         Mampu menyajikan data tentang dinamika litosfer
·         Mampu mengkomunikasikan data tentang dinamika litosfer.
·         Mampu menyimpulkan tentang dinamika litosfer.


  1. Tujuan Pembelajaran
Dengan menggunakan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok tentang dinamika litosfer :
1.      Terlihat aktif dalam kegiatan pembelajaran menyampaikan pendapat tentang dinamika litosfer
2.      Mengkomunikasikan hasil pengamatan tentang pengetahuan dinamika litosfer
3.      Mampu menyimpulkan tentang dinamika litosfer yang ada terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Materi Ajar
1.         Materi Fakta
·         Struktur Lapisan Bumi
Litosfer adalah lapisan kulit bumi yang paling luar (atas). Lapisan ini pada umumnya terjadi dari senyawa kimia yaitu SiO2. Itulah sebabnya disebut lapisan silikat yang memiliki ketebalan sampai 70 km.
·         Lapisan Litosfer disebut lapisan batuan karena terdiri dari 75% silicon oksida dan almunium Oksida.
·         Batuan merupakan induk dari segala batuan adalah magma yaitu batuan cair pijar yang bersuhu tinggi dan mengandung berbagai unsur mineral dan gas.
·         Kulit bumi atau litosfer tersusun 90 persen jenis unsur kimia yang membentuk persenyawaan yang disebut mineral
2.         Materi Konsep
Klasifikasi Batuan
1.      Batuan Beku                                 2. Batuan Sedimen
a.       Granit
b.      Granodiorit
c.       Diorit
d.      Andosit
e.       Gabro
f.       Basal
g.      Batu kaca
h.      Batu apung
i.        Konglomerat
3. Materi Prinsip
Bentuk-bentuk muka bumi akibat tenaga endogen
a.       Tektonisme
b.      Vulkanisme
1)      Intrusi magma
2)      Ekstrusi magma
c.       Gempa bumi
d.      Proses terjadinya tsunami
4. Materi Prosedural
a.  Pelapukan
1)      Faktor-faktor yang mempengaruhi pelapukan
2)      Jenis-jenis pelapukan

  1. Alokasi Waktu
4 x 45 menit

  1. Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran

Pendekatan     : Pendekatan Saintifik (Scientific)
Metode            : Diskusi Kelompok
Model              : Problem based learning (Diskusi kelompok yang berbasis
  Masalah

  1. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu & berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah mengenai dinamika litosfer
2.    Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati

Melalui membaca buku teks dan melihat gambar penampang litosfer dan dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari

Menanya
Dan berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang dinamika litosfer dalam kehidupan sehari-hari
Mengeksplorasikan
Data tentang dinamika litosfer melalui Tanya jawab

Mengasosiasikan
Dengan menganalisis informasi dan data-data yang dibuat yang didapat baik dari bacaan maupun sumber-sumber terkait untuk mendapatkan kesimpulan tentang dinamika litosfer

Mengomunikasikan
Hasil analisis dalam bentuk tulisan tentang dinamika litosfer
60
Penutup
-   Siswa menyampaikan pendapat tentang dinamika litosfer
-   Siswa diarahkan untuk membuat kesimpulan dari materi dinamika litosfer
-   Guru memberi tugas mandiri terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
-   Bersama siswa dengan bersyukur dan menyampaikan harapan agar ilmu yang dipelajari bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari
15

  1. Alat/Media/Sumber
1.      Lembar Penilaian
2.      Buku paket geografi
3.      Bahan tayang/power point
4.      Internet

  1. Penilaian Hasil Belajar
Teknik Penilaian : pengamatan, tes lisan, dan tes tertulis
Prosedur Penilaian :
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Pelaksanaan
1
Sikap
-    Terlihat aktif dalam pembelajaran
-    Bekerja dalam kelompok
-    Menghargai pendapat orang lain
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2
Pengetahuan:
-   Menjelaskan tentang dinamika litosfer
-   Memberi contoh fenomena dinamika litosfer dalam kehidupan sehari-hari
Pengamatan dan tes
Test lisan dan test tulisan
Penyelesaian test individu atau kelompok
3
Keterampilan
-    Terampil menerapkan dinamika litosfer dan mampu mencari pemecahannya dalam kehidupan sehari-hari
Pengamatan dan unjuk kerja
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) & saat diskusi


Instrumen Penilaian

Tes Tertulis

Soal Uraian

1.      Jelaskan struktur lapisan kerak bumi !
2.      Apa yang dimaksud dengan tektonisme, vulkanisme, gempa bumi !
3.      Apa yang dimaksud dengan tenaga endogen dan tenaga eksogen!
4.      Sebutkan bahan-bahan yang dikeluarkan gunung api yang meletus !
5.      Jelaskan empat jenis masswasting berdasarkan kecepatannya!

Pedoman Penskoran :
1.      Menjelaskan 5…………..skor 5
Menjelaskan 3-4                skor 4
Menjelaskan 1-2                skor 3


No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate