Monday, June 25, 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS X Unit 1 Hakikat Geografi (K-13)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Unit 1 Hakikat Geografi


Satuan Pendidikan             :    SMA 
Mata Pelajaran                   :    Geografi
Kelas/Semester                   :    X / 1
Alokasi Waktu                    :    18 x 45 menit

Kompetensi Inti          :
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1      Menghayati keadaan alam semesta beserta isinya sebagai ciptaan Tuhan Yang  Mahakuasa.
2.1  Mengembangkan perilaku proaktif dalam mempelajari peran geografi dalam kehidupan.
3.1  Memahami pengetahuan dasar geografi dengan contoh kehidupan sehari-hari.


·           Menguraikan hakikat ilmu geografi
·           Merumuskan 10 konsep esensial geografi
·           Menyimpulkan ruang lingkup ilmu geografi
·           Membedakan objek studi geografi
·           Mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi
·           Menerapkan prinsip geografi dalam kajian gejala geosfer
·           Membedakan struktur kajian geogafi ortodoks dan geografi terpadu
·           Mendeskripsikan aspek-aspek geografi
·           Menjelaskan metode/pendekatan geografi
·           Menganalisis permasalahan geosfer dengan menggunakan pendekatan geografi

Pertemuan I
I.       Tujuan Pembelajaran
·         mendeskripsikan pengertian geografi dari berbagai pakar;
·         menjelaskan sejarah perkembangan ilmu geografi dari masa ke masa;

II.    Materi Pembelajaran
·         Perkembangan geografi
·         Definisi geogafi

III. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, dan talking stick

IV. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
·         Silabus KTSP SMA
·         Buku sumber : Facil, Advanced Learning Geography 1, Penerbit Grafindo Media Pratama
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Komputer dan proyektor
·         Tongkat pendek
·         Power point Facil, Advanced Learning Geography 1, Penerbit Grafindo Media Pratama

V.    Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan : 15 menit
·         Apersepsi : Kilas balik materi SMP
·         Memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan dan apa manfaatnya, serta menyampaikan tujuan pembelajaran.
b.      Kegiatan Inti : 100 menit
1.      Mengamati (Observing)
·         Memahami berbagai pengertian Geografi dari berbagai tokoh.
·         Menguraikan tentang perkembangan ilmu Geografi.
2.      Menanya (Questioning)
·         Siswa mencari informasi mengenai ilmu geografi dari buku sumber.
·         Tanya jawab berdasarkan hasil temuan dari buku sumber mengenai ilmu geografi.
3.      Pengumpulan data (Experimenting)
·         Mengumpulkan informasi tambahan tentang perkembangan geografi dan definisi geografi.
·         Membandingkan pengertian geografi dari berbagai tokoh.
4.    Mengasosiasi (Associating)
·         Menyimpulkan dengan pendapat sendiri definisi geografi.
·         Membuat pertanyaan sendiri tentang perkembangan geografi.
5.    Mengkomunikasikan (Communicating)
·         Mengkomunikasikan hasil tanya jawab dalam bentuk laporan dan membacakan laporannya.
·         Memberikan penegasan pada materi perkembangan geografi dan meluruskan jika terjadi salah konsep.
c.       Kegiatan Penutup : 20 menit
·         Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dibahas, kemudian memberikan kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang kurang dipahami.

Pertemuan II
I.       Tujuan Pembelajaran
·         Siswa mampu menjelaskan 10 konsep esensial geografi beserta penerapannya dalam kehidupan.

II.    Materi Pembelajaran
·         Konsep geografi

III. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab dan talking stick


IV. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
  • Silabus KTSP SMA
  • Buku sumber : Facil, Advanced Learning Geography 1, Penerbit Grafindo Media Pratama
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Komputer dan proyektor
  • Tongkat pendek
  • Power point Facil, Advanced Learning Geography 1, Penerbit Grafindo Media Pratama

V.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan : 15 menit
·         Apersepsi: Menyapa kemudian mendata kehadiran siswa.
·         Memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan dan apa manfaatnya, serta menyampaikan tujuan pembelajaran.

b.      Kegiatan Inti : 100 menit
1.      Mengamati (observing)
·         Mendengarkan penjelasan mengenai 10 konsep esensial geografi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
·         Memberikan kritik kepada penjelasan guru secara saksama dan mencatat hal-hal penting.

2.      Menanya (Questioning)
·         Memberikan tes secara lisan untuk dapat membuat contoh salah satu penerapan konsep esensial geografi dalam kehidupan sehari-hari.
·         Menyiapkan contoh konsep geografi dalam kehidupan sehari-hari masing-masing untuk diberi penilaian.

3.      Pengumpulan data (Experimenting)
·         Dengan menggunakan permainan talking stick guru melakukan tanya jawab mengenai penerapan 10 konsep esensial dalam kajian geosfer.
·         Aktif dalam memberikan pertanyaan dan membuat jawaban tentang konsep geografi.



4.      Mengasosiasi (Associating)
·         Mengkhayalkan antara konsep geografi dengan contoh nyata di kehidupan sehari-hari.
·         Menyimpulkan tentang konsep geografi berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

5.      Mengkomunikasikan (Communicating)
·         Mengkomunikasikan hasil tanya jawab dalam bentuk laporan dan membacakan laporannya.
·         Memberikan penegasan pada materi yang harus dikuasai siswa dan meluruskan jika terjadi salah konsep.

c.       Kegiatan Penutup : 20 menit
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Bersama-sama menarik kesimpulan materi.

Pertemuan III
I.       Tujuan Pembelajaran
·         Menjelaskan prinsip-prinsip geografi;
·         Mengidentifikasikan prinsip-prinsip geografi dalam mengkaji fenomena geosfer;
·         Mengaplikasikan prinsip-prinsip geografi dalam mengkaji fenomena geosfer.
·         Membedakan objek studi geografi.

II.    Materi Pembelajaran
·         Prinsip-Prinsip Geografi
·         Objek Studi Geografi

III. Metode Pembelajaran
Diskusi dan Picture to Picture

IV. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
·         Silabus KTSP SMA
  • Buku sumber : Facil, Advanced Learning Geography 1, Penerbit Grafindo Media Pratama
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Komputer dan proyektor
  • Gambar/foto fenomena geosfer

V.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan : 15 menit
·         Apersepsi: Menyapa dan mengabsen.
·         Menanyakan fenomena geosfer terbaru yang terjadi di Indonesia.
·         Mengaitkan antara definisi ilmu geografi dengan objek studi geografi.
b.      Kegiatan Inti : 100 menit
1.      Mengamati (Observing)
·         Menyimak mengenai prinsip-prinsip geografi dari buku sumber.
·         Menjelaskan mengenai penerapan prinsip geografi dalam mengkaji gejala geosfer.
·         Menerangkan tentang objek studi geografi yaitu geosfer atau lapisan bumi.
2.      Menanya (Questioning)
·         Mengamati gambar/foto yang ditampilkan oleh guru sambil membuat catatan analisisnya, kemudian disampaikan di depan kelas.
·         Secara kelompok, diskusi mengenai objek studi geografi.
3.      Pengumpulan data (Experimenting)
·         Berdiskusi dan melakukan tanya jawab mengenai prinsip-prinsip geografi.
·         Melakukan tanya jawab tentang ruang lingkup dan objek studi geografi.
4.      Mengasosiasi (Associating)
·         Mencatat informasi baru yang didapatkan dari hasil diskusi mengenai prinsip dan objek geografi.
·         Menyimpulkan hasil diskusi dan tanya jawab tentang prisip geografi dan objek studi geografi dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari.
5.      Mengkomunikasikan (Communicating)
·      Secara kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
·      Memberikan penegasan pada materi yang harus dikuasai siswa dan meluruskan jika terjadi salah konsep.
c.       Kegiatan Penutup : 20 menit
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.

Pertemuan IV
I.       Tujuan Pembelajaran
·         Mampu mendeskripsikan aspek-aspek geografi.
·         Mampu membedakan struktur kajian geografi ortodoks dan geografi terpadu.

II.    Materi Pembelajaran
·         Aspek-aspek geografi
·        Struktur kajian ilmu geografi

III. Metode Pembelajaran
Ceramah, observasi, dan diskusi

IV. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
·         Silabus KTSP SMA
  • Buku sumber : Facil, Advanced Learning Geography 1, Penerbit Grafindo Media Pratama
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Komputer dan Proyektor
  • Lembar observasi

V.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan : 15 menit
·         Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
·         Guru bertanya tentang struktur kajian ilmu geografi.
·         Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
·         Guru bertanya tentang sejarah perkembangan ilmu geografi.

b.      Kegiatan Inti : 100 menit
1.      Mengamati (Observing)
·         Menyimak informasi mengenai aspek-aspek dalam ilmu geografi yang disampaikan guru.
·         Menyimak mengenai struktur kajian ilmu geografi.
·         Menjelaskan struktur kajian geografi dan ruang lingkup geografi yang terdiri atas geografi ortodoks dan geografi terpadu.
2.      Menanya (Questioning)
·         Siswa dibagi ke dalam 5 kelompok.
·         Secara kelompok, diskusi mengenai struktur kajian ilmu geografi.
3.      Pengumpulan data (Experimenting)
·         Melakukan observasi mengenai aspek fisik dan aspek sosial di lingkungan sekolah.
·         Hasil observasi dibuat menjadi sebuah laporan dan dikumpulkan kepada guru.
4.      Mengasosiasi (Associating)
·         Guru berdiskusi bersama siswa dan sedikit membahas hasil observasi siswa di lingkungan sekolah.
·         Guru berdiskusi bersama siswa membahas tentang struktur kajian ilmu geografi.
5.      Mengkomunikasikan (Communicating)
·         Secara kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
·         Guru memberikan penegasan pada materi yang harus dikuasai siswa dan meluruskan jika terjadi salah konsep.

c.       Kegiatan Penutup : 15 menit
·         Memberikan kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Mengumpulkan lembar observasi kepada guru.
·         Bersama-sama menarik kesimpulan materi.

Pertemuan V
I.       Tujuan Pembelajaran
·         Siswa mampu mengidentifikasi dan mengaplikasikan pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer.

II.    Materi Pembelajaran
Pendekatan kajian geografi
  • Pendekatan keruangan (spatial approach)
  • Pendekatan kelingkungan (ecological approach)
  • Pendekatan kompleks kewilayahan (regional complex approach)

III. Metode Pembelajaran
Ceramah, artikulasi, dan diskusi

IV. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
·         Silabus KTSP SMA
  • Buku sumber : Facil, Advanced Learning Geography 1, Penerbit Grafindo Media Pratama
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Komputer dan Proyektor

V.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan : 15 menit
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Memberikan pertanyaan mengenai pendekatan-pendekatan dalam geografi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

b.      Kegiatan Inti : 100 menit
1.      Mengamati (Observing)
·         Menyimak mengenai pendekatan dalam ilmu geografi yang disampaikan oleh guru.
·         Memerhatikan gambar yang ditampilkan oleh guru melalui proyektor.
2.      Menanya (Questioning)
·         Meminta membuat kelompok untuk membentuk sebanyak dua orang (berpasangan).
·         Meminta salah satu siswa dalam pasangan untuk menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasanganya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran.
3.      Pengumpulan data (Experimenting)
·         Secara acak siswa bergiliran menyampaikan hasil wawancaranya dengan pasangannya.
·         Menambahkan informasi yang didapatkannya dari media lain seperti buku atau internet
4.    Mengasosiasi (Associating)
·         Menganalisis satu jenis fenomena geosfer dengan menggunakan pendekatan geografi.
·         Mengkategorikan contoh-contoh yang diuraikan oleh guru ke dalam pendekatan geografi.
5.    Mengkomunikasikan (Communicating)
·         Masing-masing kelompok membacakan kesimpulan hasil diskusi kelompoknya.
·         Memberikan penegasan pada materi yang harus dikuasai siswa dan meluruskan jika terjadi salah konsep.
·         Memberikan komentar dari setiap penampilan siswa dan menjelaskan apa manfaat dari tugas tersebut.
c.       Kegiatan Penutup : 20 menit
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Bersama-sama menarik kesimpulan materi.

Pertemuan VI
I.     Tujuan Pembelajaran
·         Mampu memahami gejala geografi dalam kehidupan sehari-hari
·         Mampu memahami manfaat geografi untuk kemaslahatan masyarakat
II.    Materi Pembelajaran
  • Gejala geografi dalam kehidupan sehari-hari
  • Manfaat geografi
III. Metode Pembelajaran
Diskusi
IV. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
·         Silabus KTSP SMA
  • Buku sumber : Facil, Advanced Learning Geography 1, Penerbit Grafindo Media Pratama
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Komputer dan Proyektor
V.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan : 15 menit
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Memberikan pertanyaan mengenai gejala geografi dalam geografi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
·         Memberikan pertanyaanmengenai manfaat geografi dalam kehidupan sehari-hari.
b.      Kegiatan Inti : 100 menit
1.    Mengamati (Observing)
·         Menyimak mengenai gejala geografi dan manfaat geogafi dalam kehidupan sehari-hari yang disampaikan oleh guru.
·         Mencatat hal-hal penting yang disampaikan oleh guru.
2.      Menanya (Questioning)
·         Meminta membuat kelompok untuk membentuk lima orang.
·         Meminta salah satu siswa dalam kelompok untuk menceritakan gejala geografi dan manfaat geografi yang dirasakan dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Pengumpulan data (Experimenting)
·         Secara acak bergiliran untuk menyanggah pendapat yang dikemukakan oleh temannya.
·         Mencari tambahan informasi dari buku atau internet.
4.    Mengasosiasi (Associating)
·         Menyimpulkan tentang gejala geografi dan manfaat geografi yang dirasakan.
·         Menjelaskan tentang gejala geografi dan manfaat geograf yang dirasakan.
5.    Mengkomunikasikan (Communicating)
·         Memberikan penegasan pada materi yang harus dikuasai siswa dan meluruskan jika terjadi salah konsep.
·         Memberikan komentar dari setiap penampilan siswa dan menjelaskan apa manfaat dari tugas tersebut.
c.       Kegiatan Penutup : 20 menit
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Bersama-sama menarik kesimpulan materi.

Penilaian
A.    Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
·         Tugas individu
·         Tes lisan
·         Tugas kelompok
·         Hasil kerja kelompok
·         Pengamatan Sikap
·         Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
·         Tes Unjuk Kerja
·         Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
·         Tes Tertulis
·         Tes Uraian dan Pilihan
·         Portofolio
·         Panduan Penyusunan Portofolio

B.     Jenis tagihan    : Tugas Individu
      Bentuk tagihan: Tes Lisan
      Contoh Instrumen : Berikan contoh kasus penerapan konsep aglomerasi.
                                             (Tugas terstruktur)
Rubrik Penilaian tugas individu
Aspek
Nilai
Berdiri tegap menghadap dan dapat menjaga kontak mata dengan guru

Dapat menyampaikan pendapat dengan suara yang baik, bahasa yang santun dan sistematis

Menyampaikan pendapat dengan intonasi dan bahasa tubuh yang meyakinkan

Pendapat mencerminkan penerapan konsep yang dijelaskan

Nilai rata-rata

Kriteria Penilaian
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
A
4
> 80
B
3
75 – 80
C
2
72 - 74
D
1
< 72


C.     Jenis tagihan    :    Tugas Kelompok
      Bentuk tagihan :    Hasil Kerja Kelompok
      Contoh Instrumen       :           Diskusikan mengenai ruang lingkup dan objek studi ilmu
                                
                                  geografi. (Tugas terstruktur)
Rubrik Penilaian Diskusi
Aspek
Nilai
A.  Isi Materi

·       Tulisan rapi, mudah dibaca dan sistematis

·       Hasil diskusi menggambarkan ruang lingkup ilmu geografi

·       Terlihat perbedaan yang  jelas antar objek studi ilmu geografi

B.  Kerjasama Kelompok 

·      Semua anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam diskusi

·      Semua anggota kelompok mengerti dan memahami mengenai materi yang di diskusikan

C.   Presentasi

·      Berdiri tegap menghadap dan dapat menjaga kontak mata dengan audien

·      Dapat menyampaikan materi dengan suara yang baik, bahasa yang santun dan sistematis

·      Menyampaikan materi dengan intonasi dan bahasa tubuh yang menyakinkan audien

Nilai rata-rata


Kriteria Penilaian:
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
A
4
> 80
B
3
75 – 80
C
2
72 - 74
D
1
< 72

D.  Contoh Instrumen
1.         Lembar Pengamatan Sikap

No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan




2
memiliki rasa ingin tahu (curiosity)




3
menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok





Rubrik Penilaian Sikap

No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan YME
3: menunjukkan ekspresi rasa syukur kepada Tuhan YME pada satu atau lebih kesempatan (topik)
2:  belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi atau ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi      
1: belum menunjukkan ekspresi rasa syukur, atau menaruh minat terhadap terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi
2
Menunjukkan rasa ingin tahu
3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok 
2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok  walaupun telah didorong untuk terlibat
3
Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok

3:  tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai

Deskripsi sikap ini digunakan untuk pertimbangan dalam menentukan profil siswa.

2.      Lembar Tes Unjuk Kerja
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..

3.      Lembar Tes Tertulis
1.      Apa yang dimaksud dengan konsep lokasi dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari?
2.      Tuliskan mengenai prinsip-prinsip yang digunakan geografi untuk menganalisis gejala.
3.      Jelaskanlah fenomena geosfer Anda ketahui.
4.      Jelaskan perbedaan antara metode/pendekatan geografi secara keruangan, kompleks wilayah, dan ekologi.
5.      Jelaskan manfaat geografi dalam kehidupan sehari-hari.

4.      Lembar Portofolio
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………



No comments:

Post a Comment

About

About

loading...

Pengaruh Gaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman. Gaya hidup bisa dilihat dari pakaian, bahasa, k...

Search This Blog

Translate